×

JARAN BODHAG

By
Advertisement
Jaran bodhag merupakan salah satu pertunjukan yang berada di jawa timur khususnya di kota probolinggo. Dalam pertunjukan ini terdapat unsur tarian, nyanyian (kidung), dan juga drama (ludruk) di dalamnya. Seni Pertunjukan ini biasanya dipertunjukkan pada acara hajatan besar seperti khitanan, atau acara pernikahan.
Berbeda dengan seni tradisi kuda kencak yang menggunakan kuda asli sebagai propertinya, dalam seni jaran bodhag mengunakan sebuah tunggangan/mainan yang digendong dan berbentuk jaran (kuda) yang terbuat dari triplek, yang dicat warna warni agar kelihatan nge-jreng (mencolok) yang juga dihiasi dengan berbagai macam pernak-pernik yang berkilau. Berat keseluruhan dari properti ini sendiri kurang lebih hampir sama dengan penunggangnya. Jadi bisa dibayangkan betapa beratnya itu :D

Pada seni pertunjukan ini si kuda didampingi oleh janis dan janis ini bertugas sebagai pengiring kuda dan juga mengidung (menyanyi) sementara si kuda berjoget dan diiringi dengan musik kenong telo' (musik ciri khas madura).