×

Festival Kesenian Pesisir Utara 2013

By
Advertisement
Festival Kesenian Pesisir Utara (FKPU), merupakan sebuah acara pertunjukan kesenian dari berbagai daerah (terutama daerah-daerah pinggiran pantai utara Jawa). Acara ini merupakan agenda tahunan Dinas Pariwisata Jawa Timur yang diikuti oleh hampir seluruh daerah di pesisir utara jawa timur dan seluruh Madura disamping acara lain yang bertajuk sama yaitu FKPS (Festival Kesenian Pesisir Selatan). Festival ini diadakan di Kabupaten Tuban pada bulan Nopember 2013.
Dalam event ini Sanggar Panji Laras juga ikut andil dalam meramaikan acara tersebut dengan membawa Panji dari Kota Probolinggo. Kali ini Sanggar Panji Laras menyajikan pertunjukan "Lengger" yang rencananya akan dijadikan salah satu brand kota Probolinggo disamping Jaran Bodhag dan Rerere.
Lengger di daerah lain biasa disebut "tayub" atau "ledek". Merupakan salah satu hiburan rakyat, yang tradisional yang masih dapat kita jumpai di pinggiran kota probolinggo terutama di daerah pesisir. Di kota probolinggo kesenian ini masih dapat kita jumpai didaerah pasar Mangunharjo atau biasa masyarakat menyebutkan pasar Babean atau di kawasan TWSL (Taman Wisata Studi Lingkungan) yang berada di sebelah pojok utara-timur kota Probolinggo. Biasanya kesenian ini diadakan pada waktu malam hari.
Alasan mengapa sanggar kami mengangkat "Lengger" adalah untuk melestarikan kesenian tradisi yang belakangan mulai punah, dan juga kami ingin menghilangkan "image negatif" dan menciptakan "image positif" tentang "Lengger" di mata masyarakat untuk kembali ke fungsi yang semula yaitu sebagai kesenian hiburan rakyat yang pantas untuk dinikmati.