×

G-WALK Percussion Festival

By
Advertisement

Setiap tahunnya G-WALK CitraRaya Surabaya menyelenggarakan sebuah event yang bertitle G-WALK Percussion Festival. Acara yang mengambil tema yang berbeda setiap tahunnya itu dihadiri oleh berbagai undangan dari seluruh daerah di tanah air ini. Dan acara ini digelar oleh panitia G-WALK bertujuan untuk memperkenal-kan dan melestarikan kebudayaan yang ada di Indonesia.


Oklek panji laras selama 2 tahun belakangan juga ikut andil didalamnya. Pada tahun 2008 Oklek panji laras mempertunjukkan sebuah pergelaran kesenian “RONJE-NGAN” Adapun RONJENGAN dalam bahasa jawa biasa disebut dengan LESUNG. Dalam ronjengan pemukul music memakai alat pukul yaitu lesung. Biasanya Ronjengan ini ditampilkan pada sebuah acara selamatan penduduk apabila saat panen tiba dengan menyanyikan sebuah lagu secara bersama-sama.

Kemudian pada tahun 2009 kembali oklek panji laras diundang dalam acara tersebut. Dan kali ini oklek panji laras mengusung kesenian “jaran bodhag”. Jaran Bodhag merupakan kesenian tradisi yang menggunakan property jaranan sebagai alat bantunya. Berbeda dengan jaran kencak ataupun jaranan senterewe, jaran bodhag menggunakan jaranan yang terbuat dari kayu. Pergelaran jaran bodhag sendiri bisa dijumpai jika ada suatu acara, misalnya : pernikahan juga khitanan. Dalam pertunjukan jaran bodhag biasanya terdapat kidungan, dialog antar pemain (jaran dan Janis), dan ada juga lawaknya.

Dengan diselenggarakannya berbagai event seperti halnya G-WALK Percussion Festival, kami sebagai pecinta seni tradisi sangatlah berterima kasih terhadap para penyelenggara, dan juga kami berharap agar kesenian di bumi Indonesia tercinta ini bisa terus maju dan berkembang agar tidak punah keberadaannya. Amiin… Hidup Kesenian Indonesia !!!??